Minggu, 21 Oktober 2012

Norwich City 1 - 0 Arsenal


Arsenal bermain buruk dan menyerah di markas Norwich City berkat gol tunggal Grant Holt.


Tuan rumah Norwich City berhasil mengungguli Arsenal 1-0 langsung pada pertandingan Liga Primer Inggris, Sabtu (20/10) petang waktu setempat.

Gol dipersembahkan striker Grant Holt memanfaatkan kesalahan lini belakang Arsenal di babak pertama. Arsenal tidak bermain baik meski mampu menguasai pertandingan. Ditambah dengan semangat tinggi Norwich dalam mempertahankan keunggulan, Arsenal jarang memperoleh peluang mengancam gawang John Ruddy.

Jack Wilshere berada di dalam skuat Arsenal yang berkunjung ke Carrow Road, tapi harus puas duduk di bangku cadangan. Wilshere sudah absen selama 16 bulan terakhir akibat serangkaian cedera. Sayangnya, gelandang 20 tahun itu harus bersabar menunggu kesempatan bermain kembali karena tidak diturunkan pada pertandingan ini.

Babak Pertama

Tuan rumah memulai pertandingan dengan inisiatif menyerang. Umpan silang Anthony Pilkington dapat diantisipasi dengan baik oleh Vito Mannone sebelum bola mencapai Wes Hoolahan. Arsenal membalas ketika Lukas Podolski bergerak dan melepaskan tembakan mendatar yang melebar.

Menit 20, Canaries mengejutkan Arsenal. Tendangan keras Alexander Tettey ditepis Mannone. Bola liar dimanfaatkan Grant Holt dengan baik. Bergerak lebih cepat dari Per Mertesacker, Holt melesakkan bola ke dalam gawang Mannone. Setelah gol ini terjadi, Norwich menggiatkan serangan dengan mengirim bola-bola langsung kepada Holt.

Tuan rumah nyaris menggandakan keunggulan lima menit kemudian. Tendangan penjuru Pilkington disambut Michael Turner di tiang jauh tanpa kawalan. Beruntung bagi Arsenal karena bola hanya menyamping ke gawang Mannone. Terlihat ada masalah saat Arsenal berupaya mengatasi bola-bola mati lawan.

Arsenal kesulitan menuai peluang meski mampu mengendalikan ritme pertandingan. Gervinho coba memberi solusi dengan membelah pertahanan lawan, tapi dapat dikawal dengan baik oleh Turner. Hingga turun minum, kedudukan 1-0 untuk tuan rumah tak berubah.

Babak Kedua

Arsenal dengan cepat berupaya menguasai pertandingan guna mencari gol balasan sesegera mungkin. Namun, peluang pertama di babak kedua ini justru diraih Norwich. Umpan silang Javier Garrido nyaris ditemui Holt dengan sundulan kepala. Arsenal membalas dengan menghujani pertahanan tuan rumah lewat bola-bola silang. Olivier Giroud nyaris memanfaatkan sebuah bola liar, tapi bola terlalu sulit dikendalikan dan dia tidak dalam posisi yang sempurna.

Tak juga dapat membongkar pertahanan tuan rumah, Arsenal melakukan pergantian pada menit ke-66. Alex Oxlade-Chamberlain masuk menggantikan Podolski dan diharapkan memberi solusi melalui pergerakan dari sektor sayap. Pergantian juga dilakukan karena Podolski tampak terpincang-pincang setelah berebutan bola dengan Pilkington beberapa saat sebelumnya.

Pergantian itu tidak mendapat hasil yang diinginkan. Norwich sangat gigih mempertahankan keunggulannya. Tendangan bebas yang dilakukan Santi Cazorla pada menit ke-73 tidak menyulitkan Ruddy sama sekali. Bola terlalu lemah sehingga dengan mudah dikuasai penjaga gawang tuan rumah.

Oxlade-Chamberlain bahkan harus meninggalkan lapangan setelah baru sembilan menit bertanding. Cedera memaksanya tampil sebentar dan memberikan tempat kepada Andrey Arshavin.

Memasuki sepuluh menit terakhir pertandingan, Norwich kembali meraih peluang menggandakan keunggulan, tetapi lagi-lagi menyia-nyiakannya. Holt berlari dari tengah lapangan tanpa kawalan setelah Thomas Vermaelen terpeleset. Dengan Mertesacker tertinggal di belakang, Holt mencoba mengecoh Mannone dengan mencungkil bola. Tapi, tipuan itu gagal dan bola dapat diamankan sang kiper.

Tidak ada pemain Arsenal yang mampu menjebol gawang Ruddy meski pertandingan ditambah lima menit usai waktu normal. Kedudukan 1-0 bertahan untuk Norwich. Hasil ini merupakan kemenangan pertama Canaries di Liga Primer musim ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar