Kamis, 25 Oktober 2012

Arsenal 0 - 2 Schalke 04


Schalke 04 berhasil mencuri kemenangan di kandang Arsenal berkat gol-gol Klaas-Jan Huntelaar dan Ibrahim Afellay.


Tampil disiplin, Schalke 04 berhasil mempecundangi tuan rumah Arsenal lewat gol-gol dua pemain Belanda mereka pada lanjutan Grup B Liga Champions, Rabu (24/10) malam waktu setempat.

Babak Pertama

Tuan rumah bermain sabar dengan memancing para pemain Schalke keluar dari posisinya. Duet gelandang Santi Cazorla dan Mikel Arteta menjadi andalan dalam menggalang serangan. Ancaman pertama lahir pada menit kesepuluh ketika umpan silang Lukas Podolski diteruskan Gervinho dengan tendangan yang melebar.

Schalke berupaya menyerang. Sebuah aksi Ibrahim Afellay di kotak penalti Arsenal membuahkan kartu kuning dari wasit. Atraksi itu dilakukan Afellay saat berjuang memperebutkan bola dengan Vito Mannone.

Arsenal terus mengancam. Sejumlah peluang beruntun diperoleh melewati menit 20. Gervinho lagi-lagi mendapat kesempatan di dalam kotak penalti, tapi sayap Pantai Gading ini terlalu lama memutuskan untuk menembak bola sehingga bola dapat diamankan bek Schalke. Begitu pula dengan peluang berikutnya melalui upaya Vermaelen dan Cazorla.

Schalke baru berani menyerbu pertahanan lawan setelah lewat setengah jam. Pertandingan berjalan terbuka ditingkahi riuh rendah fans tandang yang seperti mengalahkan antusiasme pendukung tuan rumah. Sebuah umpan Jefferson Farfan gagal mencapai Klaas-Jan Huntelaar sebelum dihalau Per Mertesacker. Setelahnya, upaya Gervinho mengirim umpan ke arah Podolski terbaca dengan baik oleh Joel Matip.

Peluang terakhir di paruh pertama pertandingan didapat tim tamu. Atsuto Uchida beraksi dengan melakukan bantuan serangan. Sayangnya umpan terukur pemain Jepang itu gagal diselesaikan Huntelaar. Dari jarak dekat, sambaran Si Pemburu melebar dari gawang Mannone.

Babak pertama berakhir 0-0. Sementara, di pinggie lapangan Laurent Koscielny tampak melakukan pemanasan. Sepertinya disiapkan untuk mengganti Thomas Vermaelen yang menderita sedikit cedera.

Babak Kedua

Namun, pergantian justru dilakukan Schalke dengan memperkuat lini tengah mereka. Marco Hoger ditarik keluar dan digantikan oleh Jermaine Jones. Arsenal meraih peluang pertama di awal babak kedua, tetapi tendangan Aaron Ramsey menyambut umpan Francis Coquelin menyamping.

Dominasi Arsenal tetap berlangsung hingga seperempat jam pertandingan sehingga Schalke lebih berkonsentrasi dalam bertahan. Sebuah peluang tercipta ketika Christian Fuchs melepaskan umpan silang, tetapi sundulan Benedikt Howedes terlalu tinggi dari sasaran.

Pertandingan terus berjalan ketat karena kedua tim masih berupaya mencari cara membongkar pertahanan lawan masing-masing. Gervinho bahkan berupaya mengelabui wasit dengan menjatuhkan diri di dalam kotak penalti. Dalam tayangan ulang terlihat tidak ada kontak serius dengan Matip sehingga kartu kuning diberikan kepada Gervinho.

Menit 76, Schalke berhasil mencuri gol. Sodoran Afellay diteruskan Huntelaar dengan sebuah tendangan terukur untuk menaklukkan Mannone. Kini tuan rumah dituntut membalas dengan sisa waktu yang ada.

Bukannya gol balasan yang didapat, tapi gawang Arsenal kembali bergetar untuk kali kedua. Afellay melepaskan tembakan keras pada menit ke-86 untuk menggandakan keunggulan Die Knappen. Gol diawali dari sodoran Farfan kepada gelandang serang asal Belanda itu. Keunggulan dua gol berhasil dipertahankan Schalke hingga bubaran.

Dengan pemandangan sendu Arsene Wenger di tribun VIP serta fans tuan rumah yang berbondong-bondong meninggalkan tempat duduk masing-masing, Arsenal dipaksa mengakhiri pertandingan dengan kekalahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar