Kamis, 04 Oktober 2012

Arsenal 3 - 1 Olympiakos


The Gunners meraih angka sempurna di dua laga Liga Champions untuk memastikan mereka memuncaki klasemen sementara Grup B.



Arsenal sukses tidak kehilangan satu pun angka dari dua laganya di Grup B Liga Champions setelah meraih kemenangan 3-1 atas Olympiakos di Stadion Emirates, Kamis (4/10) dini hari WIB.

Manajer Arsenal Arsene Wenger tidak melakukan perubahan drastis di pertandingan melawan Olympiakos. Wenger hanya mengganti dua nama di dalam komposisi pemain di laga ini dengan memasukkan Francis Coquelin and Alex Oxlade-Chamberlain sebagai starter.

Arsenal mendominasi permainan sepanjang paruh pertama, sedangkan tim tamu hanya mengandalkan serangan balik. Permainan Olympiakos mulai mengancam selepas laga berjalan setengah jam.

Permainan kedua tim tidak mengalami perubahan di babak kedua. Arsenal tetap mendominasi, dan bahkan bermain lebih baik, sehingga bisa menambah dua gol melalui Lukas Podolski dan Aaron Ramsey. Hasil itu membuat Arsenal memuncaki klasemen sementara Grup B dengan nilai enam.

Babak Pertama

Tampil di hadapan pendukungnya, Arsenal mencoba menggebrak pertahanan Olympiakos. Serangan demi serangan dibangun The Gunners agar bisa mengungguli lawannya lewat gol cepat.

Kubu tuan rumah sempat terkejut ketika Vito Mannone melakukan kesalahan saat bermaksud memberikan bola kepada Thomas Vermaelen. Kostas Mitroglu berhasil memotongnya, namun tendangan pemain Olympiakos ini membentur Kieran Gibbs.

Ancaman itu langsung dibalas Arsenal. Pada menit ke-12, Arsenal hampir saja membuka keunggulan mereka. Tendangan bebas Canti Cazorla memaksa kiper Balázs Megyeri melakukan penyelamatan.

Arsenal makin menguasai permainan, dan sudah mendapatkan tiga sepak pojok sebelum laga berjalan 15 menit. Tekanan demi tekanan yang dilancarkan tuan rumah memaksa Olympiakos memperkuat pertahanan mereka.

Walau mampu memberikan tekanan, Arsenal kerap gagal melakukan penyelesaian akhir. Peluang diperoleh melalui Oxlade-Chamberlain usai menerima umpan Lukas Podolski, namun belum menemui sasaran.

Kendati mendapat tekanan, serangan balik yang dilancarkan Olympiakos juga menghadirkan ancaman. Mitroglou melakukan percobaan dari luar kotak penalti setelah menerima bola dari Paulo Machado, tapi masih dapat diamankan Mannone.

Arsenal akhirnya berhasil unggul lebih dulu pada menit ke-43. Tendangan keras Gervinho dari luar kotak penalti tidak dapat ditahan Megyeri, sehingga publik tuan rumah bersorak kegirangan.

Namun kegembiraan Arsenal tidak bertahan lama. Olympiakos mampu menyamakan kedudukan menjelang babak pertama berakhir. Leandro Greco memberikan umpan manis kepada Mitroglou untuk menyamakan kedudukan.

Babak Kedua

Secara keseluruhan permainan Arsenal dan Olympiakos tim tidak mengalami perubahan. Hanya saja, Arsenal bermain lebih baik dibandingkan di babak pertama. Praktis Olympiakos tidak banyak mendapatkan peluang bagus untuk membobol gawang Mannone.

Setelah tendangan Mitroglou tidak menemui sasaran, Arsenal kembali unggul pada menit ke-56. Umpan silang mendatar Gervinho dapat diselesaikan dengan baik oleh Podolski untuk mengubah papan skor menjadi 3-1.

Selepas laga berjalan satu jam, Arsenal mendapatkan peluang untuk memperbesar keunggulan. Namun sundulan Laurent Koscielny menyambut tendangan bebas Mikel Arteta masih melebar.

Satu-satunya ancaman berarti yang bisa diberikan Olympiakos terjadi di menit ke-69. Namun tendangan David Fuster dari luar kotak penalti mengarah tepat ke Mannone, sehingga dengan mudah diamankan.

Olivier Giroud mendapatkan dua peluang di sepulu menit tersisa. Namun kedua peluang itu tidak berhasil dikonversi menjadi gol, sebelum akhirnya Ramsey menutup laga menjadi 3-1.

Mannone memberikan bola panjang yang langsung disambar kepala Giroud untuk diteruskan kepada Ramsey, yang disambut tendangan lambung untuk memperdayai Megyeri.

Arsenal: Mannone; Jenkinson, Koscielny, Vermaelen, Gibbs; Coquelin, Arteta; Oxlade-Chamberlain (Walcott 71'), Cazorla, Podolski (Ramsey 80'); Gervinho (Giroud 80').

Cadangan: Shea, Santos, Giroud, Walcott, Ramsey, Arshavin, Djourou

Olympiakos: Megyeri, Diakite (Ibagaza 73'), Manolas, Contreras, Holebas, Siovas, Maniatis, Greco (Abdoun 67'), David Fuster, Paulo Machado (Pantelic 81'), Mitroglou.

Cadangan: Carroll, Modesto, Ibagaza, Pantelic, Lykogiannis, Diogo, Abdoun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar