Selasa, 18 Desember 2012

Reading 2 - 5 Arsenal


Arsenal berhasil mencuri poin penuh setelah mereka mampu menggulung Reading dengan skor akhir 5-2 pada matchday ke-17 Liga Primer.



Arsenal sukses merebut tiga poin berharga di ajang Liga Primer Inggris setelah mengalahkan Reading 5-2 di Madejski Stadium, Selasa (18/12) dinihari WIB.

Dalam pertandingan ini, pasukan Arsene Wenger tampil lebih dominan dan mampu unggul telak saat babak pertama. Selebihnya, mereka pun dengan santai mendikte permainan hingga laga berakhir.
Dari lima gol yang didapat The Gunners, tiga diantaranya dicetak oleh pemain baru mereka, Santi Cazorla.

Babak Pertama

Setelah gagal di Piala Liga melawan tim kasta keempat beberapa hari lalu, Arsenal lantas bertandang ke markas Reading guna mengembalikan kepercayaan diri mereka.

Bermain di Madejski Stadium kandang lawannya, tim asal London itu coba menyerang sejak menit pertama dibunyikan. Baru satu menit setelah wasit Taylor meniupkan peluit, The Gunners langsung mengancam lewat sepakan dari luar kotak penalti Alex-Chamberlain. Namun, kesigapan Federici yang berdiri di bawah mistar The Royals masih bisa menggagalkannya.

Tak mau ketinggalan, Reading coba menyengat pertahanan Arsenal. Saat laga memasuki menit kedelapan, tuan rumah hampir saja membobol gawang Szczesny. Bermula dari kemelut di depan gawang tim Meriam London, pergerakan lincah Pogrebnyak yang dimaksudkan untuk me-rebound bola ternyata dianggap offside oleh hakim garis.

Enam menit setelahnya, pasukan Arsene Wenger baru bisa memecahkan ‘telurnya’. Adalah Lukas Podolski yang dengan manis menceploskan si kulit bundar dari dalam kotak penalti setelah ia menerima umpan Kierran Gibbs di sisi kiri, 1-0 untuk kubu tamu.

Di menit ke-17, Arsenal hampir saja menggandakan keunggulan bila mana tendangan Santi Cazorla tidak melebar dari gawang Federici. Menyepak bola dari jarak hampir 25 meter, arah tendangan pria Spanyol itu masih ke samping kanan, selamatlah gawang tuan rumah.

Saat babak pertama menyisakan 19 menit, kubu tamu kembali menebar ancaman. Kali ini kerjasama Cazorla, Walcott dan Podolski yang diakhiri tendangan Gibbs masih dapat dihalau oleh Federici dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Memasuki setengah jam laga berjalan tepatnya menit ke-32 dan 35, Arsenal memperlebar keunggulan menjadi 3-0 melalui Santi Cazorla. Dalam hal ini, kelengahan sisi kiri Reading jelas terlihat ketika sundulan dan tembakan mantan pemain Malaga ini sukses mengacak-acak jala yang dikawal Federici.
Saat pertandingan babak pertama disudahi, Wenger boleh berbangga dengan keunggulan tiga gol atas tuan rumah.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Arsenal kurang lebih memeragakan permainan serupa seperti pada babak pertama. Di menit ke-50, mereka kembali menciptakan peluang melalui kerjasama Wilshere dan Walcott. Adapun, tendangan dari nama terakhir masih bisa diblok Federici dan bola liar diintervensi oleh Maiappa sebelum mampu di-rebound Cazorla.

Empat menit setelah itu, Reading coba menyerang. Melalui terobosan Shorey ke lini depan, bola lantas diterima dengan baik oleh Pogrebnyak. Dalam sebuah kesempatan, striker Rusia itu menembak bola dengan kencang, akan tetapi wasit terlebih dulu mengangkat bendera pertanda offside.

Arsenal mendapatkan gol keempatnya di pertandingan kali ini. Untuk ketiga kalinya, nama Cazorla terpampang di papan skor setelah ia menuntuaskan kerjasama dari Wilshere – Podolski pada menit ke-60. Arsenal pun unggul 4-0.

Menyadari timnya tertinggal begitu jauh, manajer Brian McDermott langsung mengganti dua strikernya setelah kejadian hat-trick Cazorla. Dalam hal ini, ia pun menyuruh Le Fondre masuk untuk menggantikan Pogrebnyak, dan Hunt ia tarik keluar demi memberi ruang kepada Robson-Kanu.
Terbukti! Baru lima menit Le Fondre menjajakkan kakinya di lapangan, ia berhasil memperkecil keadaan setelah suskes melewati Szczesny sekaligus mengonversi umpan terobosan Jay Tabb yang sebelumnya mencuri bola dari Kieran Gibbs, skor pun berubah menjadi 4-1.

Saat laga babak kedua tersisa 19 menit, pemain pengganti lainnya, Robson-Kanu, kembali memberi andil bagi Reading. Gocekannya yang mengelabuhi pertahanan Arsenal, sebelum ia memberi assist kepada Jimmy Kebe, berhasil dituntaskan dengan mudah untuk mengubah papan skor menjadi 4-2.
Selebihnya, laga pun berjalan terbuka. Dan sebelum laga usai, Theo Walcott berhasil menggenapi sekaligus memenangkan Arsenal lewat golnya di menit ke-80.
Susunan pemain:

Reading: Federici; Cummings, Shorey, Gorkss, Mariappa; Leigertwood, Tabb, Kebe (McCleary 73’), McAnuff; Hunt (Robson-Kanu 61’), Pogrebnyak (Le Fondre 61’).

Cadangan tak terpakai: Taylor, Gunter, Harte, Pearce.

Arsenal: Szczesny; Sagna, Gibbs, Mertesacker, Vermaelen; Arteta, Wilshere, Cazorla (Coquelin 83’), Chamberlain (Ramsey 74’), Podolski, Walcott (Giroud 85’).

Cadangan tak terpakai: Mannone, Koscielny, Rosicky, Gervinho.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar