Sabtu, 10 November 2012

Arsenal 3 - 3 Fulham


Arteta gagal menjadi penyelamat Arsenal setelah penaltinya di masa injury time gagal menembus jala Schwarzer.



Derby London antara Arsenal dan Fulham di Emirates Stadium, Sabtu (11/11) berlangsung sengit. Namun, kedua tim harus puas berbagi satu angka setelah enam gol tercipta. 

Arsenal yang unggul 2-0 saat laga baru berjalan 23 menit berkat gol Olivier Giroud dan Lukas Podolski, berhasil di balas The Cottagers sebelum jeda. Adalah Dimitar Berbatov dan Alexander Kacaniklic yang membuat kedudukan kembali imbang sebelum turun minum. 

Berbatov dan Giroud kembali mencetak gol di babak kedua, namun skor 3-3 bertahan sampai peluit akhir dibunyikan. The Gunners sebetulnya memiliki kans besar memenangi Derby London, sayang sepakan penalti Mikel Arteta di masa injury time masih terlalu lemah sehingga dengan mudah dihalau Schwarzer. 

Babak pertama
Bertanding di Emirates Stadium, Fulham rupanya mengambil iniatif serangan sejak peluitkick-off dibunyikan. Saat laga baru berjalan empat menit, Fulham mendapat peluang melalui sepakan Ruiz dari jarak 20 yards, namun tendangannya masih melenceng di sisi kiri gawang Vito Mannone. 

Sementara itu, Dimitar Berbatov yang menjadi andalan Martin Jol di lini depan beberapa kali mendapat peluang bagus di depan gawang The Gunners. 

Tuan rumah baru menemukan ritme permainan di menit delapan melalui crossing Theo Walcott dari sisi kanan, namun masih bisa dihalau lini belakang Fulham. 

Di menit ke-11, klub London Utara akhirnya membuka keunggulan. Adalah Olivier Giroud yang membuat publik tuan rumah bersorak. Tandukan pemain asal Prancis yang memanfaatkan corner Walcott gagal dibendung Schwarzer dan ini merupakan gol pertama Giroud di Liga Primer. 

Berselang dua menit Arsenal nyaris menggandakan keunggulan, namun tembakan kaki kiri Lukas Podolski dari sudut sempit masih belum mengarah tepat sasaran. 

Tim besutan Arsene Wenger makin pede memasuki pertengahan interval pertama. Kelengahan barisan belakang Fulham dimanfaatkan Podolski. Striker Jerman itu menggandakan keunggulan tuan rumah di menit 23 setelah meneruskan umpan Mikel Arteta. 

Tertinggal dua gol ternyata tak membuat tim tamu lempar handuk dan mampu memperkecil ketinggalan di menit 29. Tanpa mendapat kawalan bek Arsenal, Berbatov dengan tenang meneruskan sepak pojok Ruiz untuk mengubah kedudukan menjadi 2-1. 

Laga kian sengit setelah The Cottagers berhasil menyamakan kedudukan di sisa lima menit sebelum jeda. Berbatov kembali menjadi momok bagi The Gunners karena umpannya dari sisi kanan berhasil diteruskan Alex Kacaniklic. 

Babak kedua 

Meski Fulham kembali mengendalikan permainan di awal interval kedua, The Gunnersmendapat peluang lebih dulu. Kerja sama Walcott-Giroud berhasil membelah pertahananThe Cottagers. Sayang, tembakan Walcott masih tipis di atas mistar. 

Kedisiplinan barisan belakang Fulham membuat Arsenal kesulitan melakukan tusukan. Serangan balik cepat yang dikomandoi Kacaniklic dari sisi kiri merepotkan bek Arsenal, namun umpannya masih belum bisa dijangkau rekan setimnya. 

Fulham mendapat hadiah penalti setelah Arteta menjatuhkan Ruiz di kotak terlarang. Dan ya, Berbatov yang menjadi eksekutor sukses menjalankan perannya untuk membawa tim tamu berbalik unggul sementara. 

The Cottagers nyaris memperbesar kedudukan menjadi 4-2, tapi sepakan Kacaniklik masih bisa digagalkan Mannone. 

Walcott cs. tak butuh waktu lama untuk membuat laga kembali seimbang. Tiga menit pascapenalti Berbatov, Giroud memaksa Schwarzer kembali memungut bola dari gawangnya. Berawal dari kemelut di depan gawang, pemain yang dibeli dari Montpellier mencetak gol kedua di laga ini setelah menerima sodoran bola dari Walcott. Laga pun kian sengit. 

Berbatov nyaris mencetak hat-trick di menit ke-75 setelah lolos dari jebakan off-side. Beruntung, Koscielny melakukan blok cemerlang untuk mencegah gawang Mannone kembali kebobolan. 

Schwarzer melakukan penyelamatan gemilang saat Giroud melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang hampir mengubah kedudukan. Kiper yang sama kembali menggagalkan peluang Cazorla lima menit sebelum laga usai. 

Arsenal mendapat harapan besar mengantongi tiga angka di hadapan publik sendiri setelah sang pengadil lapangan kembali memberikan penalti gara-gara Ruiz melakukan handball di kotak terlarang. Sayang, ini bukan hari baik untuk Arteta karena punggawa Spanyol itu gagal mengeksekusi penalti. Skor imbang 3-3 pun bertahan hingga akhir laga. 

Susunan Pemain:

Arsenal: Mannone, Sagna, Koscielny, Mertesacker, Vermaelen, Coquelin, Arteta, Cazorla, Walcott, Podolski, Giroud.
Cadangan: Szczesny, Jenkinson, Santos, Ramsey, Oxlade-Chamberlain, Arshavin, Chamakh

Fulham: Schwarzer; Riether, Hangeland, Hughes, Riise; Dejagah, Baird, Sidwell, Richardson; Ruiz, Berbatov
Cadangan: Stockdale, Senderos, Petric, Karagounis, Duff, Rodallega, Kacaniklic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar