Minggu, 23 September 2012

Manchester City 1 - 1 Arsenal


Laurent Koscielny menyelematkan wajah Arsenal dari kekalahan berkat golnya di delapan menit sebelum laga rampung.


Laurent Koscielny setidaknya menjadi pahlawan bagi Arsenal yang dijamu Manchester City di Etihad Stadium, Minggu (23/9). Berkat gol sang bek, The Gunners terhindar dari kekalahan, dan memaksakan pertandingan berakhir seri, 1-1.
Meski bermain seri, pasukan Arsene Wenger mampu menembus zona Eropa untuk mengisi posisi kelima klasemen sementara dengan perolehan poin sembilan. Sementara raihan satu angka ini membuat City turun ke peringkat tujuh dengan koleksi poin sama dengan tim tamu.

Babak pertama


Arsenal langsung menerobos pertahanan City melalui aksi Aaron Ramsey di menit enam. Ramsey menerima umpan dari Jenkinson dan meneruskannya dengan mengirim umpan silang datar, namun bola kirimannya dapat dengan sigap diamankan kiper Joe Hart.

Sejurus kemudian, giliran Pablo Zabaleta membuat kesalahan, bola yang dikontrolnya direbut Kieran Gibbs. Akan tetapi kemudian laju bola terlalu cepat dan belum cukup mengancam gawang The Citizens.

Pada menit kesepuluh, Santi Cazorla melakukan tendangan spekulasi dari jarak 40 meter, namun masih terlalu pelan dan mudah saja didekap Hart.

Empat menit berselang, Aguero nyaris membuat publik tuan rumah bersorak gembira. Sayangnya, sepakannya di tepi kotak penalti setelah memotong pertahanan Arsenal di sisi kiri masih dapat ditepis dengan baik oleh kiper Vito Mannone. 

Gervinho! Benar-benar sia-sia. Menerima operan dari Ramsey pada menit ke-16, sang striker berada di posisi ideal di depan gawang, namun kontrol bola tak sempurna membuat Hart mudah saja mengantisipasi.

Arsenal kembali berusaha memecah kebuntuan di menit 22. Giliran Abou Diaby melesatkan tendangan dari jarak 25 meter, sayang dapat diblok pertahanan City.

Tiga menit kemudian giliran Lukas Podolski. Seharusnya upayanya bisa berbuah gol. Bekerja sama dengan Jenkinson, tendangan pemain Jerman itu malah melambung di atas mistar gawang.

Dua menit sebelum masuk ke setengah jam pertandingan, Cazorla menunjukkan aksi cerdiknya dengan melewati Javi Garcia lalu memberikan bola pada Gervinho, akan tetapi Gael Clichy menghentikan pergerakan pemain Pantai Gading itu dengan apik. 

Di menit ke-33, Arsenal berkesempatan mencetak gol via tendangan bebas. Sayang, dari posisi ini kans terlewati. Sepakan eksekusi Cazorla bisa ditepis sempurna oleh Hart.

Semenit selanjutnya, giliran Scott Sinclair beraksi di sisi kanan yang membuat pertahanan Arsenal panik, namun kemudian tak ada satupun pemain City yang menyambut servisnya.

Ramsey mengalirkan bola kepada Gervinho di menit ke-36, nama terakhir lalu menggiringnya dengan dibayang-bayangi Zabaleta sebelum melepaskan tembakan yang masih melenceng dari target.

Lima menit sebelum turun minum suka cita pulik tuan rumah pecah. City membuka keunggulan melalui sentuhan Joleon Lescott setelah menyambut kiriman bola dari sepak pojok. 1-0 tuan rumah memimpin. Hingga peluit istirahat paruh pertama dibunyikan, City unggul satu bola.

Babak kedua

Babak kedua baru berjalan empat menit, City langsung tancap gas. Tendangan bebas yang dilesakkan Silva menemui Aguero di tiang jauh, namun posisi dia dari sudut sempit membuat tendangannya masih belum menjumpai sasaran. Kans terbuang.

Di menit ke-54 Aguero kembali melewatkan peluang. Arsenal sepertinya beruntung, karena tendangan sang striker membentur pemain The Gunners, yang lantas membuat bola hanya melaju di atas mistar Mannone. 

Giliran Arsenal membangun serangan melalui Gervinho di menit 66. Merangsek dari sisi kanan, dia kemudian menembakkan bola di tiang dekat, namun kembali laju si kulit bundar masih melambung.

Aguero kembali hampir membobol gawang tim tamu sepuluh menit sebelum bubaran. Menyambut sodoran bola dari Yaya Toure, Aguero lalu melepaskan tendangan keras, namun kembali Mannone menggagalkan upaya untuk menggandakan kedudukan tersebut.

Dua menit berselang, Cazorla melepaskan tendangan di tepi kotak penalti City, namun Hart gemilang dan menepis bola, corner bagi Arsenal. Dan dari situasi inilah, petaka muncul bagiThe Citizens.

Tendangan penjuru yang dilayangkan Cazorla menemui Laurent Koscielny, dan bek asal Prancis ini pun langsung menyambarnya untuk menjadi gol penyama kedudukan. 1-1 sama kuat.

Aguero lagi dan lagi belum bisa menamakan dirinya di papan skor. Tendangan Vincent Kompany di menit ke-84, masih bisa digagalkan Mannone, namun bola rebound mengarah ke Aguero. Tetapi sambaran si striker cuma melebar.

Memasuki masa pengujung laga, Gervinho hampir membalikkan keadaan. Dalam posisi yang tak terjaga, dia menembakkan bola di depan box City, sayang sepakannya terlalu kencang dan hanya terbang di atas tiang gawang Hart.

Sampai peluit panjang ditiupkan, skor 1-1 tak lagi berubah.

Susunan Pemain:

Manchester City Starting XI: Hart, Zabaleta, Kompany, Lescott, Clichy, Garcia, Y. Toure, Silva, Sinclair, Dzeko, Aguero.
Subs: Pantilimon, Kolarov, Nastasic, Barry, Rodwell, Tevez, Balotelli.

Arsenal Starting XI: Manonne, Jenkinson, Koscielny, Mertesacker, Gibbs, Arteta, Diaby, Cazorla, Ramsey, Podolski, Gervinho.
Subs: Martinez, Djourou, Andre Santos, Coquelin, Walcott, Oxlade-Chamberlain, Giroud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar